Selasa, 04 Juni 2013

Pengenalan Komponen-komponen Elektronika


        Peralatan elektronik seperti TV, Radio, CD/DVD Player, Handphone dan Komputer adalah merupakan hasil rakitan dari berbagai macam komponen elektronika. Pengenalan komponen-komponen elektronika merupakan pengetahuan dasar yang harus dikuasai oleh Anda yang ingin menggeluti dunia elektronika, terutama yang bergerak di bidang produksi perakitan elektronik.
        Berdasarkan fungsinya komponen-komponen elektronika dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu komponen elektronika aktif dan komponen elektronika pasif. Komponen aktif adalah jenis komponen elektronika yang memerlukan arus listrik agar dapat bekerja dalam rangkaian elektronika. Contoh komponen aktif ini adalah Transistor dan IC juga Lampu Tabung. Besarnya arus panjar bisa berbeda-beda untuk tiap komponen2 ini. Komponen elektronika aktif sangat peka terhadap elektrostatik, maka harus ada penanganan khusus untuk menghindari elektrostatik Sedangkan komponen pasif adalah jenis komponen elektronika yang bekerja tanpa memerlukan arus listrik. Contoh komponen pasif adalah resistor, kapasitor, transformator/trafo, dioda dsb.
Dalam dasar elektronika penggunaan  kedua jenis komponen ini hampir selalu digunakan bersama-sama, kecuali dalam rangkaian-rangkaian pasif yang hanya menggunakan komponen-komponen pasif saja misalnya rangkaian baxandall pasif, tapis pasif dsb. Untuk IC (Integrated Circuit) adalah gabungan dari komponen aktif dan pasif yang disusun menjadi sebuah rangkaian elektronika dan diperkecil ukuran fisiknya.
Berikut ini merupakan komponen-komponen elektronika dan pengelompokkannya.
Komponen Elektronika Aktif (Active Component) terdiri dari :
  1. IC (Integrated Circuit)
  2. Transistor
  3. Diode
  4. LED 
  5.  
Komponen Elektronika Pasif (Passive Component) terdiri dari :
  1. Resistor
  2. Capacitor
  3. Connector
  4. Switch
  5. Wire/Cable
  6. Inductor
         Demikianlah pengenalan komponen-komponen elektronika secara singkat. Penjelasan secara mendetail bisa Anda dapatkan pada artikel berikutnya atau di bagian lain website. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda

4 komentar:

  1. cis cis mw jdi teknisi elektro eh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya gitu deh.....dripada pengangguran,,,

      Hapus
  2. nice your site thanks for sharing love you all team good work keep it up
    Gmail Hacking

    BalasHapus
  3. Mantab !! Thanks sob sudah berbagi ilmu ...............................



    bisnistiket.co.id

    BalasHapus

 

TKJ ONE Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates