Selasa, 04 Juni 2013

Pengertian Elektronika



    Dewasa ini produk Elektronika telah menyentuh hampir seluruh aspek atau bidang kehidupan manusia dari alat-alat rumah tangga, mainan anak-anak, hiburan (rekreasi), pendidikan, administrasi, perdagangan, kedokteran, transportasi sampai pada alat-alat perang dan penyelidikan ruang angkasa. Sebenarnya, apakah pengertian elektronika ini?
     Menurut Elektronika Industri, pengertian elektronika adalah sebuah disiplin ilmu yang khusus mempelajari segala perangkat / alat listrik berarus lemah yang pengoperasiannya dengan mengontrol aliran elektron atau partikel-partikel bermuatan listrik dalam suatu alat atau sistem seperti personal komputer, peralatan elektronik, semikonduktor, termocouple, dan lain lain.
Elektronika ini merupakan salah satu cabang ilmu dari fisika sedangkan bentuk, desain serta pembuatan sirkuit (electronics circuit) merupakan cabang dari teknik elektro, teknik komputer, serta ilmu teknik elektronika instrumentasi.
Sedangkan pengertian elektronik adalah peralatan atau alat yang bekerja berdasarkan sistem / prinsip kerja elektronika. Kita mengenalnya atau lazim disebut sebagai peralatan elektronik. Contohnya adalah tabung televisi (tabung katoda), televisi, radio, handphone, perekam kaset, perekam compact disc, kamera digital, kamera video dan lain-lain.
Untuk lebih memantapkan lagi mengenai pengertian elektronika, ada beberapa definisi dari para ahli yang dapat memberikan gambaran pengertian tentang elektronika, sebagai berikut :
  • Menurut Fitrzgerald, Higginbotham dan Grabel, Elektronika adalah cabang ilmu listrik yang bersangkutan secara luas dengan alih informasi menggunakan tenaga elektromagnetik.
  • Menurut J. Millman;    Elektronika adalah ilmu dan teknologi tentang melintasnya partikel bermuatan listrik didalam suatu gas atau suatu ruang hampa, atau suatu semikonduktor.
  • Menurut E. Carol Young; Elektronika meliputi studi, perancangan dan penggunaan piranti-piranti yang berdasar hantaran listrik di dalam suatu ruang hampa, gas dan semikonduktor.
  • Menurut H.C. Yohannes; Elektronika ialah ilmu yang mempelajari sifat-sifat dan pemakaian piranti (“devices” = alat) yang asas kerjanya ialah aliran elektron dalam ruang hampa atau gas (seperti dalam tabung-tabung radio)dan aliran elektron dalam semipenghantar (seperti misalnya dalam transistor).
Dari definisi-definisi tersebut di atas pada hakikatnya pengertian elektronika itu adalah ilmu yang mempelajari pengendalian dan penerapan gerakan partikel pembawa muatan (elektron) dalam ruang hampa, gas atau semikonduktor.

0 komentar:

Posting Komentar

 

TKJ ONE Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates